Pernah kebayang nggak sih, setelah seharian kita puasa, kita berbuka dengan minuman dingin yang pastinya nyegerin. Gue yakin beberapa dari kalian pasti tahu gimana rasanya nahan lapar dan dahaga selama 13 jam berpuasa, dengan udara yang panas, dan matahari yang sangat terik. Pasti pada saat itu, jika kalian melihat minuman dingin dengan embun yang melapisi gelasnya, sekaligus air yang menetes karena suhu rendahnya, tak akan ada alasan bagi Anda untuk menolak meminumnya. Pasti nyegerin banget, kan, bikin kita nggak berhenti nelen ludah. Nah, salah satu minuman dingin yang nyegerin yang gue rekomendasiin buat kalian adalah Cold Brew. Bagi penikmat kopi, kalian pasti tahu apa itu Cold Brew.

Cold Brew

Cold Brew itu adalah kopi yang disajikan dengan suhu yang rendah. Ya, maksudnya dingin. Tapi, Cold Brew tak sama dengan es kopi. Jika es kopi disajikan dengan cara menyeduh kopi dengan air panas, lantas menaruh beberapa butir es batu setelah suhu pada kopi berubah menjadi suhu ruangan. Lalu, bagaimana dengan Cold Brew? Cara penyajian Cold Brew itu tidak pernah tersentuh dengan air panas, bahkan untuk menyeduhnya.

Nyeduh kopi nggak pakai air panas? Emang bisa ya? Gimana jadinya tuh? Beneran tuh, nggak nipu? Bercanda kali lo, mana ada sejarahnya nyeduh kopi tanpa menggunakan air panas?

Nggak percaya? Oke, akan gue kasih tahu cara pembuatan Clod Brew dengan cara sederhana, tanpa pake Cold Brewer mahal, dan akan gue buat kalian tercengang.

Pertama – tama, siapin dulu kopinya. Nggak perlu banyak – banyak, cukup 10 – 15 gram.

Jenis kopinya bebas? Bebas! Tapi gue nyaranin ke kalian untuk memilih bubuk kopi yang medium dibanding yang fine (halus) atau kasar.

Lalu, siapkan perkakas yang diperlukan:
1. Jar atau toples kaca,
2. Saringan,

Setelah semua perlengkapan udah siap, mari kita mulai membuatnya.

1. Tuang bubuk kopi ke jar atau toples kaca dengan perbandingan satu dibanding delapan. Maksudnya, untuk satu cangkir kopi dibutuhkan delapan cangkir air dingin. Aduk perlahan sampai tercampur, lantas tutup jar dan biarkan selama 8 – 12 jam. Untuk mendapatkan Cold Brew yang segar untuk berbuka puasa, Anda dapat menyimpannya di dalam kulkas atau Anda bisa menyimpannya pada suhu ruangan. Tenang saja, karena Cold Brew akan tetap menjadi Cold Brew walau Anda menyimpannya di suhu ruangan.

2. Setelah masa perendaman telah selesai, saring kopi beberapa kali hingga ampasnya tidak terlihat lagi.

3. Sajikan dengan es. Anda pun bisa menambahkan susu atau gula jika Anda mau. Lalu, simpan kembali sisanya ke dalam kulkas. Penyimpanan yang benar dapat membuat Cold Brew bertahan hingga satu bulan. Hal itu disebabkan karena tingkat keasamannya yang rendah.

Masih nggak percaya kita bisa nyeduh kopi tanpa air panas? Anda bisa mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat, dan bisa membuat puasa kalian lebih menyenangkan, dan segar tentunya. Semangat, Cold Brew menantimu!

Marhaban Yaa Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa

Share This