Menyeduh Kopi Secara Manual (Manual Brew), menurut gua masih jadi yang paling favorit, dibandingkan dengan yang menyeduh kopi dengan mesin. Bukan…. bukan karena gue sendiri emang belum punya mesin pembuat kopi atau coffee maker, tapi memang ada sensasi lain saat kita menyeduh kopi secara manual.

Dan gue bukan mau ngebandingin antara manual brew atau yang pake mesin, karena selain gak apple to apple, ini juga tergantung selera, dan selera gak bisa diperdebatkan, karena tergantung kepada manusianya masing – masing.

courtesy by Google

Dan ada beberapa cara untuk menghasilkan kopi yang nikmat dari metode menyeduh kopi secara manual (manual brew) ini. Nah ini gue rangkum berdasarkan yang gue tahu aja yah, infonya gue dapat dari beberapa sumber, mulai dari Instagram, dari wikipedia, dan lain – lain.

  1. Tubruk (Hot)
    Metode penyeduhan biji kopi yang sudah digiling dengan air panas, didiamkan beberapa saat dan disajikan dengan ampas kopi yang sudah mengendap. Disajikan saat panas.
  2. French Press (Hot)
    Metode penyeduhan dengan memasukkan biji kopi yang sudah digiling ke dalam alat yang bernama French Press, didiamkan beberapa saat, kemudian alat ditekan untuk mengendapkan ampas kopi. Disajikan sat panas
  3. Kalita Wave (Hot and Cold)
    Metode penyeduhan dengan memasukkan biji kopi yang sudah digiling ke dalam alat yang bernama Kalita Wave yang sudah dilapisi kertas filter. Dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin, tergantung selera dan permintaan.
  4. Chemex (Hot and Cold)
    Metoda penyeduhan dengan memasukkan biji kopi yang sudah digiling ke dalam alat yang bernama Chemex yang juga sudah dilapisi kertas filter. Dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin, tergantung selera dan permintaan.
  5. Cold Drip (Cold)
    Metoda penyeduhan kopi yang diektraksi dengan menggunakan air dingin, pada suhu normal. Prosesnya minimal 8 jam untuk menghasilkan rasa yang mantap. Disajikan dalam kondisi dingin.
  6. Blue Bottle (Hot and Cold)
    Cara menyeduh kopi secara manual berbahan dasar keramik dari Jepang yang memiliki lubang ekstraksi lebih kecil dari pada V60. Biji Kopi yang telah digiling dimasukkan ke dalam blue bottle yang sudah dilapisi filter, kemudian dituangkan air panas dengan suhu tertentu. Dapat disajikan dalam kondisi panas atau dapat ditambahkan batu es, untuk disajikan dalam keadaan dingin.
  7. Vietnam Drip (Hot)
    Cara menyeduh kopi secara manual Vietnam drip adalah dengan memasukkan kopi yang telah digiling ke dalam alat yang bernama Vietnam Drip, dan ditambahkan condensed milk ke dalam gelas. Disajikan dalam kondisi panas.
  8. V60 (Hot and Cold)
    Metode penyeduhan V60 yaitu dengan memasukkan biji kopi yang sudah digiling ke alat bernama V60, disebut V60 karena dari samping bentuknya mirip dengan huruf “V” dengan sudut 60 derajat yang dilapisi juga dengan kertas filter. Hasil seduhannya dapat disajikan dalam kondisi panas ataupun dingin, tergantung kepada selera masing – masing.

 

Silakan datang ke cafe atau warung kopi, yang juga menyediakan manual brew, gak cuman pake mesin, bisa tanya – tanya ke baristanya, pakai biji apa, roastingnya seberapa, cara menyeduhnya seperti apa, after tastenya bagaimana, dan lain – lain.

 

 

 

 

Share This